Tindak Pidana Penculikan Anak Dalam Perspektif Kriminologi

Silvia Dwi Saputri, Istijab Istijab, Kristina Sulatri

Abstract


Anak merupakan berkah yang diamanahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga harus dilindungi. Untuk itu orangtua mempunyai peran yang besar terhadap tumbuh kembang anak, dan berkewajiban untuk melindungi anaknya. Namun pada kenyataannya anak-anak mempunyai banyak sekali ancaman di lingkungan sekitarnya, termasuk penculikan terhadap anak. Tindak pidana penculikan secara umum diatur dalam Pasal 331-338 KUHP, sedangkan tentang penculikan anak diatur secara khusus dalam Pasal 76F Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tentang bentuk-bentuk penculikan anak dalam perspektif kriminologi dan apa saja pengaturannya, dan untuk mengetahui penologi sanksi hukum penculikan anak dalam perspektif kriminologi.

Keywords


Tindak Pidana; Penculikan Anak; Kriminologi; Crime; Child Abduction; Criminology

Full Text:

PDF

References


Buku

A.S Alam dan Amir Ilyas, 2018, Kriminologi Suatu Pengantar, Kencana, Jakarta.

Istijab, 2020, kriminologi, CV. Penerbit Qiara Media, Pasuruan.

Sulatri, Kristina, 2023, Buku Ajar Perlindungan Hukum Terhadap Anak dalam Sistem Peradilan Pidana Anak, PT. Literasi Nusantara Abadi Group : Malang

Perundang-undangan

Kitab Undang-undang Hukum Pidana

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Jurnal

Ardi Putra Agung, Sanksi_Pidana_Terhadap_Kasus_Penculikan_Anak, 2020, Jurnal Preferensi Hukum, Vol 01 No. 2.

Emest Sengi dan Alfonsisus Budiman , 2020, Tinjauan_Kriminologi_Terhadap_Tindak Pidana_Penculikan_Anak, Jurnal Wajah Hukum, Vol 4, No. 02.

Skripsi

Jhon Hartama Ndraha, 2020, Tinjauan_Kriminologi_Terhadap_Tindak_Pidana_ Penculikan_Anak, (Skripsi Sarjana Hukum, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).

Website

https://id.scribd.com/doc/119733532/kriminologi




DOI: https://doi.org/10.51213/yurijaya.v5i3.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.